Seputar Peradilan

WhatsApp Image 2021 10 29 at 19.46.13

Jembrana, 29 Oktober 2021|www.pa-badung.go.id

Jumat, 29 Oktober 2021 M bertepatan dengan tanggal 22 Rabbi'ul Awwal 1443 H

Ketua Pengadilan Agama Badung Awaluddin, S.H.I., M.H. ditemani oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Badung dalam mengikuti kegiatan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram dengan tema "Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia".

Pembinaan ini bertempat di Pengadilan Agama Negara dan dihadiri oleh seluruh Pengadilan Agama yang berada di Provinsi Bali.

Pembukaan Pembinaan ini Ketua PTA Mataram Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H. mengemukakan bahwa tema yang diambil pada Pembinaan kali ini adalah “Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Peradilan Agama Menuju Peradilan Modern berkelas Dunia” dimana terdapat kata kunci “professional”, “modern” dan “berkelas dunia”. Aparatur peradilan yang professional, modern dan berkelas dunia adalah aparatur yang menerapkan prinsip-prinsip clean goverment dan good governance sebagai prinsip yang diperlukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Hal ini dapat diwujudkan dengan penerapan Reformasi Birokrasi bagi aparatur negara melalui pembangunan Zona Integritas yang membutuhkan satu kesungguhan hati dan komitmen yang tinggi dari seluruh aparatur pengadilan.

Komitmen tinggi tersebut harus dimulai dari para Pimpinan sebagai role model dengan memberikan keteladanan dalam hal kedisiplinan, perilaku, tutur kata serta menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja yang selanjutnya diikuti oleh setiap pejabat, staf hingga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Sehingga dapat merubah mindset, culture set dengan tujuan akhir pelayanan prima yang dapat diberikan kepada masyarakat pencari keadilan.

Selain itu, Wakil KPTA Drs. Ilham Abdullah, S.H., M.Kn. menyampaikan kepada seluruh hakim dan aparatur Pengadilan untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan kualitas keilmuan untuk dapat mendukung terwujudnya tujuan hukum sehingga memberikan keadilan kemanfaatan dan kepastian hukum bagi masyarakat pencari keadilan.

Setelah itu, Panitera PTA Mataram Drs. M. Sidiq, M.H menyampaikan untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan oleh Badilag dan PTA Mataram secara konsisten.

Sekretaris PTA Mataram Misnudin, S.H., M.H. menyampaikan untuk memperbaharui data kepegawaian baik di aplikasi internal Mahkamah Agung, Badilag maupun aplikasi external yang dikeluarkan oleh BKN untuk menjamin validitas dan keakuratan data kepegawaian serta untuk Menyusun strategi terkait dengan realisasi program dan anggaran di akhir tahun.