Banner ZI Banner Masker

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama Badung memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara. Informasi yang disuguhkan yaitu jadwal sidang untuk hari ini, jadwal persidangan yang lalu maupun yang akan datang.

Lebih Lanjut

Publikasi Putusan

Seputar Peradilan

aksi perubahan

Badung | www.pa-badung.go.id 

Kamis, 15 April 2021 M bertepatan dengan tanggal 3 Ramadan 1442 H, Lukman Hariadi Putra, S.H., M.H. selaku Reformer sekaligus peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Mahkamah Agung RI Tahun 2021 mengikuti kegiatan Seminar Implementasi Aksi Perubahan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam kegiatan tersebut Reformer didampingi oleh Mentor yaitu Muhammad Ridwan Firdaus, S.H.I. yang juga sebagai hakim pada Pengadilan Agama Badung. Seminar implementasi aksi perubahan merupakan puncak dari serangkaian dari kegiatan pelatihan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Januari 2021 sampai dengan 19 April 2021. Meski dilaksanakan pada bulan puasa, hal tersebut tidak menghalangi semangat para peserta untuk terus produktif melakukan inovasi dan menampilkan hasil inovasinya.

Dalam presentasinya, Reformer menampilkan laporan aksi perubahan dengan judul "Optimalisasi Sistem Informasi Cuti dan Ijin Online Melalui Aplikasi (SITIJON) pada Pengadilan Agama Badung". SITIJON diharapkan dapat mendukung kinerja secara e-office sehingga proses pengajuan ijin dan cuti oleh hakim dan aparatur Pengadilan Agama Badung dapat berjalan lebih sederhana, cepat dan mudah. Dalam kesempatan presentasi tersebut, Mentor memberikan apresiasi sekaligus dukungan terhadap aksi perubahan yang telah dilakukan oleh Reformer dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan terakhir. Aplikasi SITIJON diharapkan dapat mempercepat modernisasi peradilan dengan dukungan teknologi informasi yang sejalan dengan visi Mahkamah Agung RI.

aksi prubahan

Setelah sesi presentasi, YM Amin Sutikno, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Maluku Utara selaku penguji memberikan beberapa catatan dan pertanyaan mengenai pengembangan aplikasi SITIJON. Penguji memberikan pujian kepada Reformer dan berharap aplikasi ini dapat dikembangkan sampai tingkat pengadilan tingkat banding. Selanjutnya Reformer memberikan tanggapan sekaligus jawaban terhadap catatan yang diberikan oleh Penguji. Dengan selesainya presentasi dari Reformer Pengadilan Agama Badung, maka berakhir pula seminar implementasi aksi perubahan pada hari tersebut. Terakhir Moderator, Muhammad Yusuf, S.Ag., S.H., M.H., M.M.Pd., yang juga sebagai Coach dari Reformer menutup seminar sekaligus mengucapkan selamat kepada peserta PKP yang telah mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik.  

 

"Inovasi pada prinsipnya adalah membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana, mudah dan cepat. Modernisasi peradilan dapat terakselerasi dengan baik apabila segenap aparatur peradilan tiada henti melakukan inovasi di berbagai bidang pelayanan."