Seputar Peradilan

sosialisasi pa badung 1

Badung | www.pa-badung.go.id 

Kamis, 12 November 2020 M bertepatan dengan 26 Rabiulawal 1442 H, Pengadilan Agama Badung mengadakan Sosialisasi Percepatan Penyelesaian Perkara kepada para advokat pada wilayah Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Badung, kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 WITA dan diikuti oleh advokat pada wilayah Kabupaten Badung. Sebagai tuan rumah, Pengadilan Agama Badung diwakili oleh Bapak Awaluddin, S.H.I., M.H. (Ketua), Ummu Hafizhah, S.H.I., S.E., M.A. (Wakil Ketua), Hafifi, Lc., M.H. (Hakim), dan Supian, S.H. (Panitera). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah yurisdiksi Kabupaten Badung, khususnya yang menggunakan jasa advokat. Acara tersebut dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak aman (physical distancing) dan menggunakan masker bagi peserta sosialisasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Badung menyampaikan kepada advokat pada wilayah Kabupaten Badung untuk mengoptimalkan penggunaan sistem e-court dan e-litigasi yang sudah dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI. Pendaftaran perkara secara elektronik melalui e-court akan meminimalisir kontak fisik dan mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19). Selain itu, fitur e-litigasi adalah fitur yang memungkinkan untuk dilakukan persidangan secara elektronik sehingga prinsip peradilan sederhana cepat dan berbiaya ringan berbasis teknologi informasi dapat tercapai. Hal ini adalah wujud nyata pengadilan agama dalam merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan dengan cepat.

Ketua Pengadilan Agama Badung mengajak kepada para advokat untuk terus memberikan masukan yang positif demi pembangunan zona integritas yang saat ini dilakukan oleh Pengadilan Agama Badung. Selain itu, Ketua Pengadilan Agama Badung meminta untuk tidak segan melaporkan setiap pungutan di luar biaya yang sudah ditentukan dengan SK Ketua Pengadilan. Pada akhir sosialisasi, dibuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada para advokat memberikan masukan maupun pertanyaan mengenai pelayanan pada Pengadilan Agama Badung maupun perkembangan sistem e-court berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 dan aturan pelaksananya.

Pengadilan Agama Badung berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada pencari keadilan dengan motto "OK SMART" (Orientasi Kerja, Santun, Melayani, Akuntabel, Relijius dan Transparan)