Seputar Peradilan

bimtek 11 11 2020

Badung | www.pa-badung.go.id

Selasa, 11 November 2020 M - 25 Rabiulawal 1442 H, Ketua, Wakil Ketua, Seluruh Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Badung mengikuti kegiatan Pembinaan Bidang Teknis dan Administrasi Yustisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI pada 4 Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia. Kegiatan pembinaan tersebut diikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diakses melalui Media Center Pengadilan Agama Badung. Bertempat di Ball Room Wyndham Opi Hotel Palembang, acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB, diikuti oleh seluruh pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding pada 4 lingkungan peradilan di seluruh Indonesia.

YM Ketua Mahkamah Agung, Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., menegaskan memberikan layanan hukum dan keadilan secara responsif dan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas layanan tersebut, tidak saja dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi, melainkan juga dapat dilakukan dengan mengefektifkan kembali Pengadilan Tingkat  Banding  sebagai  voorpost atau kawal depan Mahkamah Agung dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aparatur peradilan. Untuk menunjang optimalisasi peran dan fungsi kawal depan Pengadilan Tingkat Banding tersebut, maka kepada para pimpinan, hakim maupun pejabat pada Pengadilan Tingkat Banding dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas khususnya di bidang pengawasan. Selain itu, perlu pula dilakukan edukasi kepada publik dan warga peradilan tingkat pertama bahwa laporan dan pengaduan yang berkaitan dengan aparatur peradilan sesungguhnya dapat diselesaikan secara lebih cepat dan lebih responsif oleh Pengadilan Tingkat Banding. Bahwa konsep hakiki pengadilan adalah tempat memberikan keadilan, bukan tempat mempermainkan keadilan. Jika lembaga peradilan secara konsisten muncul sebagai lembaga yang memberikan keadilan, maka tingkat kepercayaan masyarakat kepada pengadilan tidak diragukan lagi pasti meningkat, dan marwah peradilan beserta aparaturnya akan kembali dijunjung tinggi tanpa diminta.

Acara pembinaan berlangsung selama sehari penuh dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Dengan kegiatan pembinaan seperti tersebut di atas, diharapkan dapat menambah pemahaman terhadap jajaran pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding untuk terus melakukan perbaikan dalam membangun "Peradilan Yang Agung dan Modern Berbasis Teknologi Informasi". (Red-MRF)

Saya ingin memacu aparatur peradilan untuk terus-menerus melakukan inovasi layanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, selain tentu saja terus-menerus meningkatkan kapasitas keilmuan dan keterampilan, serta tetap menjaga integritas. ~ YM. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. (Ketua Mahkamah Agung RI)