Seputar Peradilan

service excellent 16 10 2020 1

Badung | www.pa-badung.go.id

Jumat, 16 Oktober 2020, Pengadilan Agama Badung bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kota Denpasar mengadakan pelatihan "Service Excellent for Pengadilan Agama Badung 2020". Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Badung, kegiatan tersebut diikuti oleh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Badung, khususnya bagi petugas pelayanan meliputi petugas keamanan, petugas resepsionis dan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Pelatihan "Service Excellent" merupakan bagian dari perbaikan secara terus-menerus yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Badung, terlebih Pengadilan Agama Badung telah meraih nilai A "Excellent" Akreditasi Penjaminan Mutu dan saat ini menjadi calon unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Pengadilan Agama Badung berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

service excellent 16 10 2020 2

Ibu Heny, trainer dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kota Denpasar menyampaikan bahwa "pelayanan terbaik adalah melayani dengan hati, selalu utamakan senyum-salam-sapa". Selain itu, petugas pelayanan diajak untuk melalukan role play dalam bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan antusias, Bapak Rusnan petugas keamanan mencoba menampilkan senyum terbaiknya dalam melayani masyarakat yang datang ke Pengadilan Agama Badung. Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Ibu Ilma selaku petugas PTSP melakukan role play memberikan informasi prosedur berperkara secara lengkap. Ibu Ewi memperagakan pelayanan kepada masyarakat yang mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Badung dan Pak Dedy melayani masyarakat yang mengambil produk pengadilan. 

Ibu Heny selaku Trainer memberikan review bahwa pelayanan yang diperagakan oleh petugas pelayanan sudah baik, namun akan lebih baik lagi jika pelayanan selalu diperbaiki dengan memberikan senyum terbaik kepada masyarakat yang mengakses layanan di Pengadilan Agama Badung. Di akhir acara, trainer memberikan apresiasi kepada semua petugas pelayanan dan pegawai yang mengikuti kegiatan pelatihan dengan penuh semangat. Tidak lupa, door prize diberikan kepada petugas pelayanan yang telah melakukan role play dengan baik.

Ummu Hafizhah, S.H.I., S.E., M.A., Wakil Ketua Pengadilan Agama Badung, pada akhir kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kota Denpasar dan semua pegawai Pengadilan Agama Badung. Poin utama dari kegiatan tersebut adalah menerapkan ilmu yang telah didapat dalam pelayanan sehari-hari kepada masyarakat pencari keadilan. Selain itu, budaya senyum-salam-sapa hendaknya diberikan kepada siapa saja yang ditemui, baik kepada kepada masyarakat maupun kepada sesama pegawai. (-red)

service excellent 16 10 2020 3