Seputar Peradilan

  • WhatsApp Image 2020 05 15 at 20.02.072
  • Badung | www.pa-badung.go.id
  • Jumat, 15 Mei 2020 M bertepatan dengan 22 Ramadan 1441 H, Pengadilan Agama Badung mengikuti Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan narasumber yaitu Drs. Agus Uji Hantara, Ak., M.E., Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan. Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional serta pegawai Pengadilan Agama Badung melalui telekonferensi menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan mengambil tempat di Teleconference Room Pengadilan Agama Badung.
  • Kegiatan bimbingan teknis tersebut dibuka oleh Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama, Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H., dengan diikuti oleh pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding wilayah timur meliputi wilayah PTA Jayapura, PTA Ambon, PTA Maluku Utara, PTA Manado, PTA Gorontalo, PTA Palu, PTA Makassar, PTA Kupang dan PTA Mataram dengan total 71 satuan kerja. Pada kesempatan tersebut, Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama menegaskan pentingnya strategi percepatan reformasi pada seluruh satuan kerja di Lingkungan Peradilan Agama.
  • Zona Integritas merupakan upaya membangun percontohan (role model) pada tingkat unit kerja pada Instansi Pemerintah sebagai unit menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WIlayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hal ini bertujuan untuk membangun program Reformasi Birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Sasaran pembangunan Zona Integritas meliputi 6 area perubahan meliputi: Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
  • Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatan pemahaman dan komitmen pimpinan pegawai pada lingkungan peradilan agama terhadap substansi tiap-tiap area perubahan guna melakukan perubahan nyata di unit kerja, yaitu dengana adanya keterlibatan pimpinan secara aktif dalam melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan Zona Integritas, dialog antara pimpinan dan seluruh pegawai guna mewujudkan perubahan pola pikir, dan budaya kerja tinggi pada tiap orang di satuan kerja pengadilan agama. Dengan kata lain, Pengadilan Agama Badung berkomitmen untuk membangun Zona Integritas dengan menerapkan budaya integritas, budaya kerja berorientasi hasil, budaya kerja sinergi, dan budaya melayani. (MRF)