Seputar Peradilan

Badung | www.pa-badung.go.id

Senin, 11 Mei 2020, bertempat di Ruang Telekonferensi Pengadilan Agama Badung, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional, dan Pejabat Struktural Pengadilan Agama Badung mengikuti pembinaan dan pengawasan oleh Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Pembinaan dan pengawasan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebagai bagian dari upaya penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19). Pembinaan dan pengawasan tersebut diikuti oleh seluruh pengadilan agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Teleconference

Panitera Pengadilan Tinggi Agama Mataram menyampaikan bahwa meskipun dalam suasana pandemi COVID-19, pelayanan perkara harus tetap berjalan dengan optimal. Pengadilan agama harus mengoptimalkan layanan e-litigasi guna mendukung gerakan social distancing dan physical distancing sebagaimana yang telah disampaikan pemerintah. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Mataram menyampaikan bahwa Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) harus tetap berjalan dengan memperhatikan protokol penanggulangan COVID-19. Selain itu, secara berkesinambungangan Pengadilan Agama di wilayah PTA Mataram harus terus menjaga mutu melalui Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang telah menjadi program prioritas Ditjen Badan Peradilan Agama.

 photo6181710042626107648

Di ujung pembinaan secara daring ini, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram menyampaikan bahwa pembinaan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 1702/DJA/PS.00/V /2020 tanggal 4 Mei 2020 perihal Pembinaan clan Pengawasan. Pandemi COVID-19 tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat yang mengakses layanan peradilan. Hakim dan aparatur pengadilan harus senantiasa meningkatkan pemahaman terhadap hukum acara agar pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan berjalan dengan optimal. (MRF)