Seputar Peradilan

WhatsApp Image 2019 08 28 at 5.06.06 PM

Pembinaan teknis judicial dan kebijakan Dirjen Badilag MARI yang dilaksanakan di Hotel Grand Legi Mataram tanggal 25 Agustus 2019 diikuti oleh seluruh Ketua dan Sekretaris PTA seluruh Indonesia serta Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA seluruh wilayah PTA Nusa Tenggara Barat, tidak terkecuali PA Badung. Pembinaan tersebut disampaikan oleh Yang Mulia Ketua Kamar Peradilan Agama MARI Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. dan Direktur Jenderal Badilag MARI Dari. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.

Dalam pembinaannya, Ketua Kamar Peradilan Agama MARI menyoroti kelemahan aparatur Pengadilan Agama yang didapatkan dalam Fit and Proper Test tentang pelaksanaan eksekusi. Selain itu, beliau juga menyampaikan produk Peraturan Mahkamah Agung yang belum lama disahkan yakni PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah E-Litigasi.

Sedangkan Direktur Jenderal Badilag MARI memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk menyambut era baru peradilan sesuai dengan tema pembinaan yakni “Menuju Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”. Beliau menekankan, siapa pun sebagai warga peradilan harus siap dengan kebijakan-kebijakan MA, utamanya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Beliau juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh warga peradilan agama karena telah mendahului dalam implementasi e-court dibandingkan dengan lingkungan peradilan yang lain, bahkan pengadilan agama telah menyumbangkan perkara e-court teratas. Beliau juga mengapresiasi karena seluruh pengadilan agama telah mengimplementasikan e-court.

WhatsApp Image 2019 08 28 at 5.10.59 PM1

Dalam pembinaan, Dirjen Badilag juga memaparkan audit kinerja seluruh Pengadilan Tinggi Agama dan seluruh Pengadilan Agama se wilayah PTA Nusa Tenggara Barat. Serapan anggaran dan posentase penilaian SIPP menjadi fokus dalam audit kinerja tersebut. PA-PA yang serapan anggaran dan prosentase penilaian SIPP rendah diberikan support oleh Bapak Dirjen agar segera menindaklanjuti.

Merespon hal itu, Pengadilan Agama Badung pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 menggelar rapat tindak lanjut audit kinerja tersebut. Rapat bagian kesekretariatan dimulai sudah sore, yakni pukul 14:30 WITA, karena sebelumnya PA Badung menggelar acara pelepasan mahasiswa PPL dari STAIN Sorong. Rapat dipimpin sendiri oleh Ketua Pengadilan Agama Badung, Khairil, S.Ag. Dalam pengantarnya, Ketua Pengadilan Agama Badung berharap agar penyerapan anggaran segera digenjot. Ketua juga memberikan pengarahan kepada sekretaris beserta jajarannya tersebut strategi untuk meningkatkan penyerapan anggaran di PA Badung.

Setelah rapat bagian kesekretariatan selesai, Pengadilan Agama Badung melanjutkan rapat di bagian kepaniteraan. Rapat yang sedianya dilaksanakan sesuai undangan pukul 15:00 WITA, akan tetapi molor karena rapat di bagian kesekretariatan baru selesai pukul 15:15 WITA. Ketua memberikan pengantar untuk menindaklanjuti prosentase penilaian SIPP yang rendah agar semua komponen bahu-membahu meningkatkannya. Setelah pengarbahan dari Ketua PA Badung, rapat bagian kepaniteraan dilanjutkan dengan dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Badung, Subiyanto Nugroho, S.H.I., S.Pd.Si. Wakil Ketua PA Badung dalam rapat menyampaikan strategi-strategi untuk mendongkrak prosentase penilaian SIPP. Di akhir rapat, beliau mengingatkan kepada seluruh user SIPP untuk konsisten melaksanakan tugasnya. Rapat diakhiri pukul 17:00 WITA. (admin)