Seputar Peradilan

4 ORANG HAKIM PENGADILAN AGAMA BADUNG DI MUTASI

Badung,www.pa-badung.go.id|19-10-2018

Setelah sebelumnya pada hari Senin(15-10-2018) yang lalu dilaksanakan pelepasan 1 orang hakim Pengadilan Agama Badung, maka pada hari Jumat (19-10-2018) Pengadilan Agama Badung harus kehilangan lagi 3 (tiga) orang hakim terbaiknya yaitu Hj. Maryani, S.H.,M.H, Koidin, S.H.,M.H. dan Noor Faiz, S.H.,M.H. yang dimutasi ke tempat tugas yang baru. Dengan mutasi 4 hakim tersebut sehingga menyisakan 4 (empat) orang hakim (termasuk Ketua) di Pengadilan Agama Badung.


Acara pelepasan 3(tiga) orang hakim di lakukan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Badung yang dihadiri oleh semua Pegawai Pengadilan Agama Badung. Hakim yang dimutasi ke tempat tugas yang baru dengan urutan sebagai berikut: Hj. Maryani, S.H.,M.H di mutasi menjadi hakim di Pengadilan Agama Praya Kelas I.B, Koidin, S.H.,M.H di mutasi ke Pengadilan Agama Ngamprah di wilayah Jawa Barat dan yang terakhir Noor Faiz, S.H.,M.H. di mutasi ke Pengadilan Agama Tutuyan di wilayah Bolaan Mongondow Timur, Sulawasi Utara.

Bulan Oktober tahun 2018 ini dirasakan berat bagi Pengadilan Agama Badung karena ada 5 orang hakim yang keluar dengan komposisi Ketua, dan 4 orang hakim serta 1 orang staff atas nama Bayu Purna Safroni, S.H.I, M.H. yang dimutasi ke berbagai tempat. Sedangkan yang mutasi masuk baru Ketua Khairil, S.Ag yang menggantikan Ketua lama Drs.Maftuh Basuni, M.H. ditambah lagi posisi Wakil Ketua Pengadilan Agama Badung yang sudah lama kosong. Maka menjadi tugas berat bagi Ketua dan 3 orang hakim yang tersisa (semuanya perempuan) untuk tetap melaksanakan tugas untuk menerima, memeriksa, mengadili perkara yang masuk di Pengadilan Agama Badung. Selain itu kepergian 4 hakim menjadikan pokja Manajemen SAPM Pengadilan Agama Badung tersisa 3 orang hakim, maka tugas berat akan dihadapi menjelang akhir tahun 2018 ini dalam mempersiapkan evaluasi SAPM di tahun depan.

Dalam pesannya Ketua Pengadilan Agama Badung Khairil, S.Ag mengatakan bahwa mutasi bagi hakim adalah sesuatu hal yang biasa, memang berat meninggalkan tempat lama dengan keakraban dan kebersamaan yang telah terjalin selama ini menuju tempat baru dengan suasana baru pula. Ketua melanjutkan bahwa proses mutasi ini mungkin ada makna-makna tersembunyi, Allah SWT punya rencana yang lebih baik, siapa tahu yang para hakim yang dimutasi ini akan mendapat promosi menjadi Wakil Ketua ujar Ketua PA Badung. Mengakhiri sambutanya Ketua PA Badung mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat baru, semoga dilain waktu bisa berjumpa kembali.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Sekretaris PA Badung Patria Utama, S.Ag.,M.A dan foto bersama dengan seluruh pegawai pengadilan agama Badung. (@H)