Aplikasi Pendukung

pengaduansimarikomdanassippdirektorisikepabslpsejdihperpus

Mekanisme Penyelesaian Pengaduan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

a.Memeriksa pengaduan, meliputi :

  • Indentitas pengadu;
  • Relepansi kepentingan pengadu;
  • Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
    Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.

b.Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.


c.Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi :

  • Identitas;
    Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;
    Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.

d.Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.


e. Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.


f. Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).


g. Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

PENYELESAIAN PENGADUAN OLEH PENYELENGGARA PELAYANAN PENGADILAN

  1. Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya.
  2. Dalam memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedoman pada prinsip independen, nondiskriminasi, tidak memihak, dan tidak memungut biaya.
  3. Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan  pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan pengadu secara terpisah.
  4. Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan.
  5. Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap.
  6. Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan.

Alamat Kami?

Typography Alamat : Jl. Raya Sempidi No.1, Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351 Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. Website : www.pta-badung.go.id

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama………memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut

Contoh Format Gugatan

No
Contoh Format
Aksi
1.
Panduan Mengajukan Gugatan
Klik Disini
2.
Format Cerai Talak
Klik Disini
3
Format Cerai Gugat
Klik Disini
4.
Format Cerai Gugat Hadhanah
Klik Disini
5.
Format Cerai Gugat Hadhanah dan Nafkah
Klik Disini
6.
Format Permohonan Isbat Nikah
Klik Disini
7.
Format Cerai Talak Hadhanah
Klik Disini
8.
Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair
Klik Disini
9.
Format Cerai Talak Ghaib